Kurikulum Pendidikan Akan Disederhanakan, Ini Alasan Mendikbud

Kurikulum Pendidikan Akan Disederhanakan, Ini Alasan Mendikbud

Kurikulum pendidikan akan disederhanakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Upaya penyederhanaan kurikulum akan dilaksanakan di semua jenjang pendidikan di Indonesia. Alasannya cukup singkat karena faktor hasil penilaian versi PISA 2018.

Urgensi.id - Perlu diketahui bahwa PISA 2018 telah melakukan penilaian terhadap kualitas literasi siswa di Indonesia. Hasil dari penilaian tersebut menyebutkan bahwa siswa Indonesia masih memiliki nilai yang rendah.

Skor kemampuan siswa dalam membaca di Indoensia rendah bila dibandingkan dengan nilai matematika dan sains.

Baca juga: Panduan Membuat Soal Online dan Penilaian Langsung Otomatis Keluar

Indonesia dalam penialaian PISA 2018 berada diposisi 74 dengan skor 371 untuk kemampuan membaca, sedangkan matematika memiliki skor 379 dengan posisi 73, sedangkan sains pada posisi 71 dengan skor 396.

Nadiem Makarim mengatakan bahwa kesepakatan penyederhanaan kurikulum akan mempermudah guru dan siswa memahami konten pelajaran dan mendalami kompetensinya. Hal ini juga berkaitan dengan jumlah muatan pelajaran yang bakal dikecilkan atau kontennya yang dikecilkan. Semua itu kini masih dalam tahap kajian tim.

Penyampaian hal di atas langsung melalui video comference oleh Mendikbud, Nadiem Makarim pasca rapat terbatas dengan tema "Strategi Peningkatan Peringkat Indonesia dalam Programme for International Student Assessment (PISA) yang dipimpin oleh presiden Joko Widodo (3/4/2020).

Hingga saat ini, Indonesia sudah mengikuti survei sejak tahun 2000-2018 oleh Survei PISA. Adapun hasil rapat, Nadiem akan menyiapkan lima strategi holistik untuk meningkatkan nilai PISA Indonesia.

Baca juga: Kelas Online Rumah Belajar dan TV Edukasi Dari Kemendikbud

Strategi yang bakal diusung Nadiem diantaranya adalah menyiapkan transpormasi kepeminpinan sekolah, transformasi pendidikan dan pelatihan guru, mengajar sesuai tingkat kemampuan siswa, standar penilaian global, dan kemitraan daerah dan masyarakat sipil.

Demikianlah artikel update yang dengan judul Kurikulum Pendidikan Akan Disederhanakan, Ini Alasan Mendikbud. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan pembaca Urgensi.id. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. [ash]

Sumber: Kompas.com

Apabila artikel ini bermanfaat, mohon sekiranya mendukung dan membantu share artikel ini dimedia sosial mu. Terima kasih.

Tags :

bm
Redaksi: Urgensi.id

Media Kekinian Dengan Beragam Informasi Penting. Redaksi menerima berbagai macam tulisan. Kirimkan tulisanmu ke email: urgensi.id@gmail.com

Post a comment